Friday, June 27, 2014

RELAKSASI DI PEGUNUNGAN
            Selamat siang bapak/ibu, senang sekali saya bisa melihat wajah-wajah bapak dan ibu yang sangat cerah pada hari ini, namun sepertinya kita harus melakukan relaksasi sejenak agar pikiran maupun fisik kita dapat beristirahat dan bisa lebih segar lagi. Anda boleh posisikan tubuh anda senyaman mungkin anda bisa duduk, berdiri atau tiduran apapun itu yang bisa membuat anda lebih nyaman senyaman mungkin. Kemudian mari sejenak tarik nafas secara perlahan dari hidung kemudian tahan sejenak dan keluarkan secara perlahan melalui mulut anda. Baik sekarang tarik nafas perlahan dalam 5 hitungan, kemudian tahan nafas 5 hitungan dan keluarkan dalam 5 hitungan juga. Fokuskan pendengaran dan pikiran anda terhadap suara saya, abaikan suara-suara lain, hanya suara saya yang anda dengar, kita ulangi kembali tarik nafas secara perlahan rasakan gesekan udara yang memasuki hidung anda rasakan secara nikmat, tahan dan keluarkan rasakan gesekan udara yang keluar dari mulut anda.
            Sekarang kita akan mencoba untuk memasuki alam relaksasi anda, silahkan tutup mata anda secara perlahan sambil atur posisi tubuh anda senyaman mungkin dan tarik nafas kemudian keluarkan secara perlahan, hanya suara saya yang anda dengar, abaikan suara yang lain. Baik, bayangkan secara perlahan anda sedang berbaring di sebuah gunung yang sangat tinggi sekali menjulang membelah awan-awan, anda melihat gulungan awan-awan putih yang lilir mudik kesana kemari, dedaunan pohon yang sangat hijau memanjakan mata anda membuat anda merasa nyaman saat melihatnya, rasakan teduhnya ketika anda berada di bawah pepohonan yang rindang berdaun hijau lebat. Kemudian anda merasakan angin kecil menyapu rambut anda membuat kepala dan pikiran anda terasa segar, angin itu melewati wajah anda membuat anda merasa senang, rasakan angin tersebut mengenai lapisan kulit anda, terasa dingin dan menyegarkan.
            Anda mendengar kicuan burung yang saling bersautan menyayikan nyayian alam yang sangat romantis, nada-nada indah keluar bersautan dengan hewan yang lain, mengasilkan sebuah orkestra alam sehingga anda ikut bernyayi dengan mereka. Anda juga merasakan indahnya nada-nada itu sehingga membuat anda lebih nyaman, lebih rileks, dari kejauhan anda melihat para petani yang sedang bercocok tanam di lahan sambil ikut bernyanyi dengan raut wajah yang senang seakan menampakan kesederhanaan. Dengan perasaan senang anda mencoba juga untuk menari bersama mereka, rasakan kedua tangan anda mulai bergerak mengikuti irama, jangan ditahan jika tangan anda mulai bergerak, anda menggerakan tangan anda dengan perasaan yang senang tidak ada beban sama sekali. Kemudian nyayian itu berhenti seketika, semuanya jadi sepi, perlahan-lahan para petani dan para hewan yang bernyanyi tadi menghilang, sekarang anda hanya sendiri berada di tempat tersebut dibawah pohon yang rindang, anda coba untuk berdiri sambil merentangkan kedua tangan anda, jangan di tahan ketika tangan anda mulai bergerak, rentangkan yang lebar tangan anda, sekarang tarik nafas kembali keluarkan secara perlahan. Bagus sekali tetap fokus pada suara saya, dalam 5 hitungan anda teriak sekencang-kencangnya, lepaskan semua beban dan pikiran anda melalui teriakan tersebut, teriak saja jangan ditahan jika mempunyai permasalahan yang membuat anda galau, lepaskanlah semuanya luapkan semua emosi yang ada dalam diri anda, jika anda mempunyai hal-hal yang sedih anda boleh menangis.
            Ya, bagus sekali, sekarang kembali tarik nafas secara perlahan keluarkan secara perlahan, lakukan kembali sebanyak 3 kali. Baik, dalam 10 hitungan buka mata anda secara perlahan, anda lebih segar, lebih senang dari sebelumnya, rasakan anda saat ini sangat segar sekali pikiran anda sangat segar. Bagaimana perasaan bapak dan ibu sekarang? Apakah sudah lebih segar ?, luar biasa sekali ya. Saya ingin mendengar komentar dari bapak dan ibu bagaimana perasaannya sebelum dan sesudah relaksasi yang sangat luar biasa tadi. Sugesti-sugesti yang saya berikan tadi adalah sugesti yang sederhana yang dimana anda juga dapat melakukannya sendiri dengan mensugesti diri sendiri, karena saat kita mensugesti diri sendiri saat itu kita memberikan efek otomatis dalam tubuh kita.

            Sangat luar biasa sekali bapak dan ibu marilah kita jadikan hal-hal yang terjadi dalam relaksasi ini jadi sebuh lecutan semangat agar hidup kita lebih baik lagi, walau kita tahu hidup ini selalu tidak terlepas dari yang namanya cobaan dan ujian. Sekali lagi mari kita renungkan dan bebaskan hati serta pikiran kita dari hal-hal yang negatif, mulai tarik nafas secara perlahan dari hidung, tahan selama beberapa hitungan kemudian keluarkan melalui mulut secara perlahan juga, lakukan beberapa kali agar jiwa, pikiran dan hati kita lebih nyaman lagi. Saya Tomi Sapari selamat siang dan sampai berjumpa lagi.

0 comments:

Post a Comment

About

BTemplates.com

Tomi Sapari. Powered by Blogger.

Pages

Popular Posts